Promil & #DietKenyang ala Dewi Hughes


Hai Teman Baca yang Manis...Kali ini saya ingin menceritakan bagaimana saya bisa menemukan #DietKenyang ala Dewi Hughes, dimana semua makanan yang kita makan adalah makanan murni atau real food dan juga mengandalkan Hipnotherapy agar pikiran kita lebih santai dan memahami bahwa makan makanan real food adalah untuk kesehatan, Langsing itu Bonus katanya...

Jadi, awalnya adalah karena Orang Tua saya yaitu Bapak saya sakit dan harus dirawat di Rumah Sakit. Bapak saya sebelumnya memang terdeteksi sakit gula darah dan pernah menjalani perawatan hingga gula darahnya berhasil turun. Beliau kemudian masuk ke Rumah Sakit lagi karena ternyata efek dari gula darah yang pernah di alaminya menyebabkan sakit pada syaraf, yaitu syaraf lambung dan syaraf pinggang.

Saat setelah di periksa ternyata dokter yang memeriksakan bapak bilang kalau gula darah itu cukup berbahaya kalau tidak ditangani dengan baik. Apalagi pada wanita, bisa menyebabkan resistensi insulin yang menyebabkan PCOs. Jadi, sel-sel tubuh kita tidak sensitif terhadap insulin, yaitu hormon yang dilepaskan oleh pankreas. Dimana insulin ini berfungsi untuk menyebarkan gula dari darah ke seluruh sel-sel tubuh agar bisa diproses menjadi energi, sehingga bila terjadi resistensi insulin dapat menyebabkan penumpukan gula darah dalam tubuh. Dan resistensi insulin ini menyebabkan pankreas menghasilkan lebih banyak insulin. Kelebihan insulin ini dapat meningkatkan produksi hormon androgen, yang menyebabkan sulitnya ovulasi karena hormon yang tidak seimbang.

 Jadilah setelah mengetahui hal tersebut, saya periksa gula darah, karena saya pikir apakah mungkin saya juga terkena gula darah dan menyebabkan saya sulit hamil karena sulit ovulasi.


Setelah cek gula darah di apotik terdekat, barulah saya tahu kalau gula darah saya cukup tinggi, tapi belum mendekati angka penderita diabetes. Kemudian saya mendatangi dokter kandungan di Rumah Sakit Islam, dokternya bernama dr. Muh Natsir Nugroho Sp. OG, Mkes, saat diperiksa dokter mengatakan kalau saya terkena PCOs. Persis seperti dugaan saya sebelumnya. Dan ciri-ciri yang terdapat pada penderita PCOs pun memang ada pada saya, seperti berat badan berlebih, rambut rontok dan menstruasi yang sering mundur meskipun setiap bulan selalu mendapatkan menstruasi.

Dokter kemudian meresepkan obat untuk hormon dan menurunkan gula darah saya. Dokter juga menyarankan saya untuk lebih banyak berdo'a serta mencari tahu di internet mengenai PCOs. Karena beliau mengatakan kalau PCOs dapat dikontrol dan masih ada kesempatan untuk hamil.

Dari sinilah saya mulai mencari cara bagaimana mengatasi PCOs. Banyak artikel yang membahas mengenai PCOs ini, dan berikut adalah beberapa cara yang bisa kita tempuh untuk mengatasi PCOs:
  • Menjaga berat badan ideal. Pada kondisi kelebihan berat badan seperti saya, tentunya agak sulit jika tanpa diet. Jadi saya harus mengurangi bobot saya hingga 10%. Fiuuhh!!
  • Mulai berolahraga. Saya jadi ingat kembali, dulu waktu saya akhirnya bisa hamil karena saya sangat rajin olahraga. Seminggu bahkan bisa 5kali jadwal olahraga. Tentunya dengan tubuh yang bugar, tubuh menjadi siap untuk menjaga janin kita tetap sehat.
  • Menjaga asupan nutrisi. Yup! Karena wanita yang mengalami PCOs biasanya mengalami masalah dalam menyeimbangkan kadar gula darah dan menjadi resistan terhadap insulin, maka itu haruslah menjaga asupan makanan. Agar tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi. Alias, harus diet!
  • Kelola stress. Jadi, apapun masalah yang dihadapi pasti ada solusi. Bisa dibicarakan dengan pasangan, teman atau keluarga. Jangan sering memendam masalah sendiri dan belajarlah berpikir positif agar stress dapat dikelola dengan baik.
Nah, dari beberapa cara diatas, saya mulai coba dengan menjalani program diet. Saya mencari tahu diet apa yang bisa saya jalani tanpa tersiksa, karena tujuan utama saya adalah untuk sehat, bukan untuk langsing.

Akhirnya saya menemukan #DietKneyang ala Dewi Hughes! Yup, diet ini lah yang saya rasa cocok dengan saya. Karena diet ini membuat saya tetap bisa makan apapun dan tetap merasa kenyang. Karena semua makanan yang dimakan adalah makanan real food atau makanan yang sebenarnya. Makanan yang tumbuh di bumi pertiwi dan disinari matahari, serta tanpa pengolahan yang berlebihan. Makanan yang harus dimakan berupa sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Kita juga masih bisa makan daging ayam, udang bahkan daging sapi, tentunya dengan pengolahan yang tidak terlalu banyak. Temen-temen bisa mencari tahu di Youtube dan Instagram mengenai diet ini. Dietnya fun, dan membuat pikiran lebih tenang. Saya berhasil turun 1-2kg perminggu. Padahal masih sering cheating makanan favorit hehehe jangan dicontoh.

Saya baru sebulan jalani diet ini dibarengi dengan olahraga yang sebelumnya saya jalani yaitu aerobik, mudah-mudahan dapat membantu saya untuk menurunkan kadar gula darah serta kolesterol saya. Hingga promilnya berhasil! Nanti akan saya share kembali perkembangannya yaa...


Comments

Popular Posts